5 Rahasia dan Manfaat Surah Al Kahfi untuk Hidup di Dunia–Akhirat

5 Rahasia dan Manfaat Surah Al Kahfi untuk Hidup di Dunia–Akhirat

Forum Baca Islam – Surah al-Kahfi adalah surah ke-18 dalam urutan Al-Qur’an dan tergolong surah Makiyah, berdasarkan keterangan Ibnu ‘Abbas yang diriwayatkan oleh an-Nahhas dan Ibnu Mardawih, dengan jumlah ayat 110.

Surah al-Kahfi adalah salah satu surah dengan keutamaan dan manfaat yang besar jika diamalkan oleh umat muslim, bahkan Rasulullah SAW menganjurkan agar membaca surah ini setiap hari Jum’at atau malam Jum’at. Namun, surah a-Kahfi ini tidak hanya baik dibaca pada hari Jum’at saja, surah ini baik dibaca setiap hari.

Berikut ini beberapa keutamaan surah al-Kahfi yang bisa kamu dapatkan, yang dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah SAW.

  1. Siapa menghafal 10 ayat pertama dari surah al-Kahfi, niscaya dijaga dari fitnah Dajjal

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتِ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ”. (رواه مسلم)

Dari Abu ad-Darda’, dari Nabi SAW beliau bersabda: “Barangsiapa menghafal sepuluh ayat yang pertama dari surah al-Kahfi, niscaya dia dijaga dari fitnah dajjal.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan pula oleh Ahmad, Abu Dawud, at-Turmudzi, an-Nasa’i, Ibnu adh-Dhurais, Ibnu Hibban, al-Hakim, al-Baihaqi di dalam sunannya, dan Ibnu Mardawih. Shahih, menurut Syaikh al-Albani.

  1. Sakinah turun karena bacaan surah al-Kahfi

عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ قَالَ سَمِعْتُ الْبَرَّاءَ بْنَ عَازِبَ رضي الله عنهم يَقُوْلُ: قَرَأَ رَجُلٌ الكَهْفَ وَفِي الدَّارِ دَابَّةٌ فَجَعَلَتْ تَنْفِرُ فَنَظَرَ فَإِذَا ضَبَابَةٌ أَوْ سَحَابَةٌ قَدْ غَشِيَتْهُ قَالَ فَذَكَرَ ذلِكَ لِلنَّبِيِّ صلّى الله عليه وسلم فَقَالَ: “اقْرَأْ فُلَانُ فَإِنَّهَا السَّكِيْنَةُ تَنَزَّلَتْ عِنْدَ القُرْآنِ أَوْ تَنَزَّلَتْ لِلْقُرْآنِ”. (رواه البخاري ومسلم والنسائي وابن أبي حاتم وابن حبّان وابن مردويه والبيهقي)

Dari Abu Ishaq, dia berkata: Aku mendengar al-Barra’ bin ‘Azib ra. berkata: “Ada seseorang yang membaca surah al-Kahfi, sedang di rumah itu ada seekor binatang tunggangan. Tiba-tiba binatang itu lari. Laki-laki itupun memperhatikannya. Ternyata ada awan yang meliputi dirinya.

Dia pun menceritakan hal itu kepada Nabi SAW. Maka beliau bersabda, “Bacalah, hai fulan. Sesungguhnya ia adalah sakinah yang turun ketika Al-Qur’an (dibaca), atau turun karena bacaan Al-Qur’an.” (HR. Bukhari, Muslim, an-Nasa’i, Ibnu Abi Hatim, Ibnu Hibban, Ibnu Mardawaih, dan al-Baihaqi).
Imam Tirmidzi menshahihkan hadits ini.

  1. Bila surah al-Kahfi dibaca pada hari Jum’at, niscaya di akhirat kelak ada sinar yang menyinari jarak antara pembacanya hingga Ka’bah

عَنْ أَبِي سَعِيْدِ الخُدْرِيّ رضي الله عنه قَالَ: “مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ النُورُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ العَتِيْقِ”. (رواه البيهقي)
Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra. dia mengatakan: “Barangsiapa membaca surah al-Kahfi pada hari Jum’at, maka dia akan disinari cahaya yang ada diantara dirinya dengan Ka’bah.” (HR. Baihaqi)

Syaikh al-Albani berkomentar, “shahih”.

  1. Orang yang membaca surah al-Kahfi pada hari Jum’at, akan disinari cahaya hingga Jum’at berikutnya

عَنْ أَبُو سَعِيْد الخُدْرِيّ رضي الله عنه أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الكَهْفِ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ”. (رواه النسائي والبيهقي)
Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra., bahwa Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surah al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya ada cahaya yang meneranginya diantara dua Jum’at.” (HR. An-Nasa’i dan Baihaqi).

Syaikh al-Albani berkomentar, “hadits shahih”. Diriwayatkan oleh anNasa’i dan al-Baihaqi secara marfu’, sedang al-hakim meriwayatkannya marfu’ dan mauquf. Kata al-Hakim, ini adalah hadits yang shahih isnadnya.

  1. Orang yang membaca surah al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, niscaya dajjal tidak akan sanggup menguasai dan tidak punya cara untuk menguasainya

عَنْ أَبِي سَعِيْدِ الخُدْرِيّ رضي الله عنه قَالَ: “مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الكَهْفِ كَمَا أُنْزِلَتْ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الدَّجَّالِ لَمْ يُسَلَّطْ عَلَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ عَلَيْهِ سَبِيْلٌ”. فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ”. (صححه الحاكم)
Dari Abu Sa’id ra. dia berkata: “Barangsiapa membaca surah al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, kemudian dia menemui dajjal, niscaya dajjal tidak dikuasakan atas dirinya dan tidak mempunyai jalan untuk menguassainya.”

Al-Hakim berkata, “ini adalah hadits yang shahih isadnya, namun al-Bukhari Muslim tidak meriwayatkannya.”

Demikian lima keutamaan yang bisa kamu dapatkan ketika membaca dan menghafal surah al-Kahfi. Semoga semakin memotivasi kita untuk membaca, menghafal dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an surah ke-18 ini.

Ditulis: Nur Khulailatul Hurriyah

Referensi:

  • Abu Imamil Hudah. 2011. Keutamaan Surat Yasin Al-Kahfi & Al-Waqi’ah, Surakarta: Shahih.
  • Syaikh Kamil Muhammad ‘Uwaidah. 2006. Fiqih Wanita, Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Editor: Fajar Wahid Rifai

Leave a Reply