3 Kegiatan Tanpa Ponsel yang Menyenangkan Selama Pandemi di Rumah

3 Kegiatan Tanpa Ponsel yang Menyenangkan Selama Pandemi di Rumah

Forum Baca – Kegiatan Tanpa Ponsel yang Menyenangkan. Hingga kini pandemi Covid-19 masih terus mewabah. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 ini. Partisipasi masyarakat juga diperlukan agar upaya yang digalakkan pemerintah dapat terlaksana. Salah satu imbauan pemerintah ialah stay at home (berdiam diri di dalam rumah). Program ini mengharuskan semua masyarakat untuk tetap berada di rumah saja. Beberapa kegiatan dilakukan di rumah, kegiatan berkumpul dilakukan secara virtual bahkan beberapa kegiatan terpaksa ditiadakan.

Hal tersebut tentunya menimbulkan kebosanan bagi orang-orang. Mayoritas orang menggunakan gawai untuk mengusir kebosanan, dengan berselancar didunia maya mereka dapat menemukan informasi apa pun yang mereka suka. Akan tetapi, penggunaan gawai secara terus menerus dapat menimbulkan efek negatif bagi pengguna, yaitu  computer vision syndrome, insomnia, obesitas, repretitive stress injures, gangguan pendengaran dan masih banyak lagi dampak negatif penggunaan gadget secara terus menerus.

Dampak negatif dari penggunaan gadget secara terus menerus tidak terjadi secara langsung, gejala awal yang dirasakan tidak terlihat dan sering dianggap sepele. Maka dari itu, penggunaan gadget yang kurang berfaedah harus dimininalisir sedini mungkin. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan mengalihkan kegiatan kita dengan kegiatan lain yang tidak melibatkan penggunaan gadget. Berikut beberapa kegiatan tanpa gawai yang dapat dilakukan di rumah.

Kegiatan-Tanpa-Ponsel-di-Rumah-Selama-Pandemi

BERIKUT BEBERAPA KEGIATAN TANPA GAWAI  YANG DAPAT DILAKUKAN  DIRUMAH

1. Melukis

Melukis dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengisi waktu luang dikala pandemi ini. Melukis dapat dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Melukis dapat memberi manfaat antara  lain: mengekspresikan diri, melatih keterampilan, meningkatkan kecerdasan dan rasa percaya diri, menghilangkan stres dan masih banyak lagi. Bahkan hasil karya lukisan yang bagus dan bernilai seni tinggi dapat menghasilkan uang. Lumayan kan?

Baca Juga:  Apa Itu Generasi Sandwich? Yuk Cari Tahu Artinya!

3. Bermain dengan binatang peliharaan

Beberapa hewan yang dapat dijadikan sebagai binatang peliharaan ialah kucing, anjing, kura-kura, kelinci, dll. Manfaat memelihara binatang peliharaan yaitu dapat menghilangkan stres, membangun sikap bersosialisasi, mengurangi rasa kesepian, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi manfaat yang bisa di dapat dari memelihara binatang. Tips merawat hewan peliharaan yaitu, menjaga kesehatan hewan dengan perawatan yang bagus, memberikan asupan yang bernutrisi dan gizi tinggi, menjaga kebersihan hewan, dan jangan lupa membersihkan diri selepas bermain dengan hewan peliharaan.

3. Menulis

Menulis dapat memberikan manfaat, antara lain: meredakan stres, menuangkan perasaan sesuai keinginan, memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari kegiatan menulis. Bahkan apabila seseorang mampu konsisten menulis, hasil karya tersebut dapat diterbitkan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit pastinya. Apabila seseorang mahir menulis bisa jadi ia akan menjadi penulis. Beberapa penulis di Indonesia ialah Andrea Hirata, Tere Lye, Eka Kurniawan, Desi Lestari, Ahmad Fuadi, dll.

Demikian artikel singkat mengenai 3 Kegiatan Tanpa Ponsel yang Menyenangkan Selama Pandemi di Rumah dari penulis, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Khusna Kiswatul Azizah

"kalau saya suka membaca, mengapa saya tidak mencoba menulisnya?"

Leave a Reply