You are currently viewing “Kursi tegak” Dihapuskan! KA Ekonomi Mirip Eksekutif
PT Kereta Api Indonesia (persero) buka suara soal viral kursi baru KA ekonomi yang tidak lagi terlihat sebagai kursi tegak KAI dan mirip kelas Eksekutif. Ilustrasi. (Dokumentasi KAI).

“Kursi tegak” Dihapuskan! KA Ekonomi Mirip Eksekutif

JAKARTA, Forumbaca.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau lebih awam dikenal KAI baru-baru ini menghebohkan jagat maya dengan munculnya foto kursi kereta api kelas ekonomi untuk kereta api jarak jauh.

Selama ini, kereta api ekonomi selalu diidentikkan dengan “punggung tegak” karena posisinya yang tegak 90 derajat dengan tanpa sekat, dengan adanya modifikasi ini kursi penumpang menjadi terlibat nyaman.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus membenarkan berita yang beredar bahwa pihak KAI sedang melakukan modifikasi terhadap interior kereta beserta kursinya di Balai Yasa Manggarai. Program ini dilakukan sebagai bentuk upaya dari program peningkatan pelayanan KAI untuk KA Kelas Ekonomi.

“Pada tahap awal ini, sudah ada 4 gerbong kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi,” tutur Joni dalam keterangannya, Kamis (25/5).

“Melalui modifikasi ini, jumlah kursi yang tadinya berkapasitas 80 tempat duduk, kini menjadi 72 tempat duduk sehingga memberikan kesan yang lebih luas. Keunggulan lainnya yaitu kursi kereta yang dapat disandarkan atau reclining dan diputar atau revolving seperti pada kereta eksekutif,” tambahnya.

Selain itu, Joni menuturkan bahwa pada interior kereta juga ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta pun juga dimodif dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuanda interior yang lebih cerah.

Tak hanya itu, Joni menyebut bahwa modifikasi juga dilakukan pada toilet KA kelas ekonomi. Dari toilet jongkok, kini menjadi toilet duduk dengan nuansa lebih mewah.

Joni menambahkan, penjadwalan rencana operasional rangkaian kereta ekonomi modifikasi ini baik untuk kereta api apa dan kapan waktunya, hal itu masih dalam kajian manajemen.

“Yang pasti, dalam waktu dekat pelanggan kereta ekonomi akan merasakan penglaman yang berbeda dan pastinya lebih nyaman,” jelasnya.

Baca Juga:  Persiapan Bulan Ramadhan 2023

“Melalui modifikasi ini, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan ke depannya untuk menjadikan perjalanan kereta api aman, nyaman, dan sehat,” tutup Joni.

Jadi, sudah ada rencana main kemana nih?