Kelebihan dan Kekurangan Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Belajar dan Rapat Online

Kelebihan dan Kekurangan Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Belajar dan Rapat Online

FORUMBACA.COM – Pembelajaran jarak jauh atau e-learning merupakan kebutuhan masif saat ini, terutama dalam dunia pendidikan. Kebutuhan belajar, berbagi referensi, dan berdiskusi merupakan suatu hal yang sangat berarti untuk para pengengenyam pendidikan, baik pada tingkat dasar, menengah, ataupun perguruan tinggi.

Zoom Cloud Meeting adalah sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh dengan menggabungkan fitur konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai perangkat operating system seperti Android, IOS, dan Windows.

Video Profil Zoom Cloud Meeting

Ketika belajar jarak jauh yang memerlukan tatap muka, Zoom Cloud Meeting bisa menjadi salah satu pilihan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Platform Zoom Cloud Meeting sebagai sarana dan media belajar dan rapat online jarak jauh.

#Kelebihan Zoom Cloud Meeting

1. Suasana mirip di kelas/kantor

Hal ini dikarenakan kita bisa melihat secara langsung (live) wajah dari guru/dosen dan teman kita yang sedang hadir di kelas atau forum tersebut.

2. Mendukung fitur presentasi

Ketika presentasi, file materi bisa disiaran secara langsung kepada partisipan. Dan partisipan dan pemateri bisa mencoret-coret tampilan presentasi tersebut, sehingga akan membantu dalam menjelaskan dan memahami sebuah materi.

Baca Juga:  Lebih Intim Mengenal Provider by.U, Kamu Wajib Tahu 17+ Hal Berikut Ini!

3. Kapasitas ruang yang besar

Dalam website resminya, Zoom mengklaim dapat menampung hingga 1.000 partisipan dan 10.000 viewers dalam suatu forum live video.

3. Tersedianya berbagai perangkat operating system

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, Zoom hadir diberbagai perangkat operating system seperti Android, IOS, dan Windows. Jadi tidak perlu khawatir kalau kamu menggunakan operating system yang berbeda dengan teman kamu.

4. Kualitas video yang bagus

Zoom menghadirkan video yang jernih dan suara yang jelas, sehingga akan memudahkan dalam hal komunikasi.

5. Fitur on/off video dan audio

Ketika live video pada suatu forum, kita bisa mengatur untuk menampilkan atau mematikan video dan audio kita. Jadi ketika kita tidak membutuhkan wajah atau suara kita dalam forum, kita bisa mematikannya. Hal ini bisa menjaga privasi kita serta tidak mengganggu jalannya sebuah forum.

6. Akses Gratis dengan fitur yang memadai

Dengan menggunakan fasilitas yang gratis, Zoom memberikan berbagai fitur yang cukup untuk kegiatan belajar online kita, seperti:

  • Kapasitas hingga 100 partisipan
  • Rapat individual tanpa batas
  • 40 menit untuk rapat bersama (grup)
  • Jumlah pertemuan tak terbatas
  • Fitur Konferensi Video
  • Fitur Web Conferencing
  • Fitur Kolaborasi Grup
  • Keamanan

Untuk detail fitur yang diberikan Zoom, bisa melihat gambar dibawah ini:

Gambar: Fitur yang diberikan oleh Zoom

#Kekurangan Zoom Cloud Meeting

1. Tidak tersedia tampilan dalam bahasa Indonesia

Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan bahasa Inggris, mungkin akan sedikit menyulitkan kamu ketika baru pertama kali menggunakannya.

2. Boros data

Ketika melakukan pertemuan online dengan live video, secara otomatis akan menyedot banyak data internet kamu.

3. Kualitas video

Kualitas streaming video tergantung pada masing-masing jaringan internet partisipan. Semakin kencang maka semakin bagus.

Baca Juga:  TAQORRUBAT, Aplikasi Dzikir dan Doa Terlengkap Terbaik - Rekomendasi

4. Ukuran aplikasi

Untuk ukuran file dari aplikasi android zoom ini sekitar 28MB. Hal ini bersifat relatif karena kapasitas memory hp setiap orang yang berbeda-beda.

5. Privasi pribadi

Ketika mendaftar atau menggunakan sebuah aplikasi, pihak aplikasi akan meminta data pribadi kita. Selain itu dalam kegiatan meeting atau forum online, suasana lingkungan kita akan terlihat oleh orang lain. Sehingga hal tersebut akan membuka privasi kita.

Demikian artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Belajar Online. Apabila kamu ada pendapat lain, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang lain. Sekian, terima kasih telah membaca.

Fajar Wahid Rifai

"Dengan Menulis, Aku Bisa Membaca" - Buat Undangan Pernikahan Digital

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar
    Lusi

    Mohon referensi yang digunakan dalam menulis artikel tersebut.

    1. Fajar Wahid Rifai
      Fajar Wahid Rifai

      Terima kasih telah berkomentar, untuk referensi Anda bisa mengunjungi situs resmi ZOOM (https://zoom.us), di sana sudah sangat lengkap (dalam bahasa Inggris tentunya). Maka dari itu saya sederhanakan menggunakan bahasa Indonesia yang lebih mudah dipahami dalam artikel ini. Semoga membantu

Leave a Reply