Rahasia Dibalik Puasa Senin Kamis (Bahas Lengkap dan Shahih)

Rahasia Dibalik Puasa Senin Kamis (Bahas Lengkap dan Shahih)

Forum Baca Islam – Setelah kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh, kita secara tidak sadar akan terlatih dalam menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut merupakan suatu nikmat yang perlu kita disyukuri. Karena secara medis, puasa memiliki manfaat yang sangat baik pada tubuh serta terdapat keutamaan bulan Ramadhan yang tidak akan di dapatkan di bulan lainnya.

Di akhir Ramadhan kita juga diperintahkan untuk membayar zakat fitrah dalam rangka menjalankan kewajiban serta menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan kita. Masuk 1 Syawal kita disunnahkan untuk menjalankan Shalat Idul Fitri yang mana di situ terdapat keutamaan yang luar biasa apabila dikerjakan.

Untuk terus meningkatkan ibadah serta melanjutkan ke istiqomah-an dalam berpuasa, terdapat puasa sunnah yang sangat direkomendasikan seperti puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal dan puasa sunnah Senin dan Kamis yang akan kami bahasa pada artikel kali ini.

Hadist, Ayat atau Dalil Puasa Senin Kamis

Dalam beberapa hadist dijelaskan bahwa  disunnahkan berpuasa Senin-kamis, seperti dalam salah satu kitab hadist yang populer “Riyadhus Sholihin”:

عن أبي قتادة رضي الله عنه أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلّى الله عليه وسلّم سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الإِثْنَيْنِ؟ فَقَالَ: ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ, وَيَوْمٌ بُعِثْتُ, أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ (رواه مسلم)

“Dari Abu Qotadah RadhiyAllahu ‘Anhu, sesungguhnya Rasulullah ditanya tentang puasa hari Senin. Beliau menjawab “Hari itu (Senin) adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau hari wahyu diturunkan padaku.” (HR. Muslim)

وعن أبي هريرة رضي الله عنه عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلّى الله عليه وسلّم قاَلَ تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضُ عَمَلِيْ وَأَنَا صَائِمٌ (رواه الترمذي)
“Dari Abu Huroiroh RadhiyAllahu ‘Anhu, dari Rasulullah, beliau bersabda “amal-amal perbuatan akan dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis. Maka aku suka ketika amalku dilaporkan, aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At-Tirmidzi)
وعن عائشة رضي الله عنها قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلّى الله عليه وسلّم يَتَحَرَّى صَوْمَ الإِثْنَيْنِ وَالخَمِيْسِ (رواه الترمذي  وقال: حديث حسن)
“Dari Aisyah RadhiyAllahu ‘Anha, beliau berkata “Rasulullah adalah orang yang menjaga puasa Senin-Kamis.” (HR. At-Tirmidzi, beliau juga berkata “ini adalah hadist hasan”)

Mengapa Puasa Senin Kamis? Keutamaan Puasa Senin Kamis

Kesimpulan dari tiga hadist di atas adalah, mengapa puasa Senin Kamis disunahkan, antara lain  karena:

  • Hari Senin, adalah hari Nabi Muhammad dilahirkan
  • Hari Senin, adalah hari Nabi Muhammad diutus atau diberi wahyu
  • Hari Senin dan Kamis adalah hari amal perbuatan dilaporkan kepada Allah
  • Rasulullah selalu menjaga atau Istiqomah puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Hari Senin

Adapun niat puasa sunah Senin adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الإِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى
“Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala”

Niat Puasa Hari Kamis

Adapun niat puasa sunah Kamis adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الخَمِيْسِ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى
“Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala”

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Urusan Dunia dan Bekal di Akhirat

  1. Melembutkan Hati dan Meningkatkan Rasa Syukur

Puasa Senin Kamis memiliki manfaat salah satunya adalah dapat melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang Ia berikan, hal ini akan meningkatkan rasa empati terhadap orang lain yang kurang seberuntung dengan kita.

  1. Puasa Senin Kamis Bisa Menurunkan Hawa Nafsu

Puasa Senin Kamis dapat membantu kita dalam mengontrol hawa nafsu. Ketika Rasulullah mendapati seseorang pemuda yang ingin menikah namun belum memiliki kecukupan, maka mereka dianjurkan untuk berpuasa oleh Rasulullah SAW.

  1. Puasa Senin Kamis Sebagai Pengampunan Dosa

Senin dan Kamis adalah hari di mana pintu-pintu surga dibuka sehingga pada kedua hari tersebut, seluruh dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, kecuali bagi mereka yang sedang bermusuhan.

  1. Terhindar dari Godaan Setan

Dengan berpuasa Senin dan Kamis, hati dan perbuatan kita akan lebih terlindung dari godaan setan sehingga kita akan lebih terhindar dari perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT seperti kemaksiatan.

  1. Puasa Senin Kamis Bisa Istirahatkan Organ Pencernaan

Dengan berpuasa Senin Kamis bagi pria dan wanita akan membantu dan menjaga kesehatan organ pencernaannya. Ketika seseorang berpuasa maka organ pencernaan akan istirahat dari kerja/beban yang biasa ia lakukan pada hari-hari biasa. Dengan organ pencernaan yang sehat akan menghindarkanmu dari penyakit seperti masalah lambung, diare, sembelit, dan sebagainya.

  1. Manfaat Puasa Senin Kamis Sebagai Obat Penghilang Stres

Ketika kita menjalankan ibadah sunnah puasa Senin Kamis, pikiran kita akan menjadi lebih rileks karena dengan mudah mensyukuri nikmat yang ada. Selain itu otak dan otot akan beristirahat sejenak dari kegiatan yang berat-berat.

  1. Puasa Senin Kamis dapat Meremajakan Sel-sel Kulit

Meski ketika berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi dalam beberapa jam, namun tubuh punya keistimewaan untuk membuat pertahanan diri. Dengan tetap menjalankan ibadah puasa Senin Kamis tentulah sel-sel yang ada di dalam tubuh kita sedikit beristirahat. Karena, mereka tidak lagi bekerja terus menerus ketika perut terisi dengan berbagai macam asupan. Hal ini tentu saja bisa berdampak pada peremajaan kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

  1. Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Usaha

Puasa Senin Kamis bisa menjadi magnet pengumpul rezeki kita, apalagi bagi pengusaha atau pedagang atau usaha lainnya. Selain itu puasa Senin Kamis akan mempermudah cita-cita atau hajat kita sehingga akan dimudahkan dalam segala urusan yang baik-baik.

  1. Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Menyehatkan Gigi

Dengan berpuasa Senin Kamis dapat membuat gigi lebih sehat dan bersih karena gigi kita tidak menyantap makanan atau minuman secara berlebihan. Namun sebelum berpuasa kita harus menggosok gigi setelah melakukan makan sahur.

  1. Khasiat Puasa Senin Kamis untuk Jantung

Puasa Senin Kamis dapat membantu menurunkan risiko aterosklerosis atau penyumbatan arteri yang disebabkan oleh partikel lemak. Saat berpuasa, lemak akan digunakan sebagai cadangan energi sehingga akan mengurangi kadar lemak dalam tubuh yang akan berdampak positif pada kesehatan jantung.

  1. Puasa Senin Kamis untuk Urusan Jodoh

Dengan berpuasa Senin Kamis, kita akan menjadi golongan orang yang mulia di sisi Allah SWT. Maka Allah akan mendekatkan jodoh pria atau wanita yang shaleh dan shalehah yang menjadi pilihan jodoh terbaik kita dari Allah SWT.

Ditulis: I’anatut Tazkiyah (Santri Ma’had Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Referensi:

Editor: Fajar Wahid Rifai

Bagikan:

Leave a Reply