You are currently viewing Sekilas Tentang Taliban

Sekilas Tentang Taliban

Sekilas Info tentang Taliban-akhir-akhir ini berita Islam tengah dihebohkan dengan munculnya kelompok Taliban. kelompok ini mulai mendapat perhatian saat berhasil menguasai pemerintahan Afganishtan. Sebenarnya kelompok ini sudah ada sejak lama namun berhasil digulingkan oleh Amerika Serikat. Taliban mendapat respon yang baik karena keberhasilan mereka memberantas korupsi, membatasi pelanggaran hukum, dan membuat jalan-jalan dan area-area dibawah kekuasaan mereka aman untuk perdagangan.

Apa itu Taliban ?

Taliban-Menurut Bahasa Pahsto, taliban memiki arti “murid”. Taliban merupakan faksi religius dan politik ultrakonservatif yang berkembang di Afghanistan pada pertengahan 1990-an. Kelompok Taliban muncul seiring mundurnya tentara Soviet, jatuhnya rezim komunis Afghanistan, dan kacaunya ketertiban sipil, seperti dilansir encyclopaediia britannica

Siapa Pendiri Taliban?

Pendiri taliban ialah Mullah Mohammed Omar (1994-2013), ia bersembunyi setelah terjadinya invasi AS di tahun 2001. Invasi muncul disebabkan oleh tuduhan Amerika Serikat atas Taliban karena melindungi pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden yang juga dituduh Washington mendalangi serangan terhadap menara kembar WTC, New York pada tanggal 11 September 2001 bekerja sama dengan kubu Aliansi Utara. Mohammed Omar meninggal pada 2013 dan baru dikonfirmasi oleh putranya dua tahun setelah kematiannya. Pemimpin selanjutnya ialah Akhtar Mansour (2015-2016), ia terbunuh dalam serangan udara AS di Pakistan pada Mei 2016. Kemudian Hibatullah Akhundzada (2016-sekarang), ia mengambil peran sebatas pada bidang politik dan agama. Adapun sayap militan Taliban berkembang diawan arahan jaringan Haqqani.

Mengapa Bisa Muncul Taliban ?

Gerakan Taliban ini mulanya di dominasi oleh orang-orang Pashtun dan pertama kali muncul di pesantren yang mayoritas di biayai oleh Arab Saudi yang biasanya menganut aliran Sunni garis keras. Janji Taliban di wilayah-wilayah Pashtun, yang tersebar di Pakistan dan Afghanistan adalah untuk mengembalikan perdamaian dan keamanan berdasarkan Syariah Islam jika mereka berkuasa.

Baca Juga:  21 Keutamaan Menghafal Al-Qur’an yang Perlu Kamu Ketahui

Kapan Mulai Muncul Taliban ?

Kelompok Taliban dibentuk pada bulan September 1994. Pembentukan ini mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan Pakistan. Kemudian pada bulan Oktober sampai dengan bulan November terjadi invasi oleh AS yang bertujuan menggulingkan pemerintah Taliban.

Bagaimana Konsep Islam Menurut Taliban ?

Taliban memiliki konsep Islam yang dipegang teguh olehnya. Mereka beranggapan bahwa sistem Islam merupakan satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian dunia. Beberapa kebijakan ditentang oleh masyarakat global, misalnya terkait perempuan, peninggalan non-Islam dan penerapan hukum pidana yang keras. Taliban melarang kehidupan publik untuk perempuan, termasuk pelanggaran akses pada pendidikan dan pekerjaan. Taliban mewajibkan kepada laki-laki untuk menumbuhkan jenggot dan mengenakan burka yang menutup seluruh tubuh bagi perempuan. Taliban juga melakukan penghancuran peninggalan artistik (patung budha) non-Islam secara sistematis, seperti yang terjadi di Kota Bamiyan. Selain itu, Taliban menerapkan hukuman pidana yang keras, termasuk hukum gantung. Hanya Arab Saudi, Pakistan, dan Uni Emirat Arab yang pernah mengakui rezim tersebut. Namun Taliban juga memperkenalkan atau mendukung hukuman yang sejalan dengan penafsiran mereka akan hukum Syariah, seperti eksekusi di depan umum terdakwa pembunuhan dan pezina, dan amputasi bagi mereka yang diputuskan bersalah karena pencurian.

Islam merupakan agama rahmatan lil “alamin, artinya ia rahmat bagi seluruh alam. Cara penyebarannya pun harus dilakukan secara damai dan beradab, masyarakat Islam sendiri harus saling mengasihi dan peduli terhadap sesama muslim, bukan justru saling memeranginya.

Leave a Reply