You are currently viewing 7 Amalan dan Doa Ringan Mempersiapkan Datangnya Bulan Ramadhan

7 Amalan dan Doa Ringan Mempersiapkan Datangnya Bulan Ramadhan

Amalan dan Doa Memasuki Awal Bulan Ramadhan – Bulan Suci Ramadhan sebentar lagi datang, bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Pada bulan Ramadhan, Allah melipat gandakan pahala umat-Nya yang beribadah kepada-Nya. Hal ini merupakan kesempatan besar untuk meningkatkan kualitas iman dan ibadah kita kepada Allah SWT.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, banyak hal yang perlu kita siapkan terutama masalah niat dan hati kita. Terdapat amalan dan doa yang diajarkan oleh Rasulullah dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Amalan dan Doa Mempersiapkan Datangnya Bulan Ramadhan

1. Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Artinya: 
“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah (umur) kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad).

Rasulullah juga menyontohkan doa di bawah ini:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya:
“Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan dan iman, serta keselamatan dan Islam. Rabb-ku dan Rabb-mu (bulan) adalah Allah.” (HR. Tirmidzi).

Selain doa tersebut, ada pula doa lainnya diriwayatkan Ibnu Rajab dari Yahya bin Abi Katsir dalam kitab Lathaif al-Ma’arif, Hal: 158).

اللّهُمَّ سَلِّمْنِي إِلىَ رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُقَبَّلاً

Artinya:
“Ya Allah, sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan, sampaikanlah bulan Ramadhan kepada kami, dan terimalah amalan-amalan kami.”

2. Doa Memohon Perlindungan Kepada Allah

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
A’uudzubikalimaatillahit tammaati min syarri maa kholaq


Artinya:
“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan mahluk-Nya.” (HR. Muslim no 2708).

Baca Juga:  Inilah Tiga Cara Allah Mengabulkan Doa Hambanya, Pahami Kuncinya

Dari Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba membaca di pagi dan sore hari:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ


Artinya:
“(Aku berlindung) dengan Nama Allah yang bersama nama-Nya tidak ada sesuatu di bumi dan di langit yang bisa membahayakan. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (HR. Abu Dawud & Al-Tirmidzi, lafadz milik al-Tirmidzi).

Bacalah doa ini tiga kali setiap pagi dan sore hari menjelang petang. Doa ini memiliki fadilah atau manfaat untuk memohon perlindungan agar diberi kesalamatan dan terhindar dari bala pada Allah SWT.

3. Doa Pembuka Pintu Hikmah

اَللّهُمَّ افْتَحْ لَنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ
Allâhummaftah lanâ wansyur ‘alainâ rahmataka yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya:

Ya Tuhanku, bukakanlah hikmah dari-Mu dan berilah pertolongan kepada kami dengan rahmat-Mu wahai Dzat Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

4. Mengamalkan Doa Dzikir Pagi dan Petang

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا
Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan


Artinya: 
“Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.” (HR. Ibnu As Sunni)

5. Memperbanyak Berdzikir

Berdzikir bertujuan untuk mengingat Allah, lakukan setelah shalat untuk bertawakal dan memohon ridha-Nya.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 152:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya: 

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

Baca Juga:  Bacaan Bilal Tarawih dan Cara Menjawabnya (Lengkap: Arab, Indo, Latin)

6. Menolong Sesama Muslim dalam Kesulitan

Rasulullah Shallallahu ‘Alihi Wasallam bersabda:
“Barangsiapa menghilangkan kesulitan dari seorang muslim dari kesulitan-kesulitan dunia, maka Allah akan menghilangkan darinya kesulitan-kesulitan pada hari kiamat. Allah akan selalu menolong seseorang selama ia menolong orang lain.” (HR. Muslim).

7. Doa Melihat Hilal atau Tanda Masuk Bulan Ramadhan

Sementara itu ketika melihat hilal, Nabi Muhammad S.A.W mempersiapkan diri dan memaksimalkan ibadah. Beliau juga membacakan doa-doa tertentu sebelum bulan Ramadhan tiba.

Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mensunnahkan membaca doa ketika melihat hilal atau mengetahui tanda awal Ramadhan:

اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله
Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh


Artinya: 
“Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.” Doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika melihat hilal sebagaimana dikisahkan Thalhah Ibn ‘Ubaidillah bahwa Nabi SAW saat melihat hilal membaca doa di atas.

Demikian pembahasan mengenai 7 Amalan dan Doa Ringan Mempersiapkan Datangnya Bulan Ramadhan. Semoga dapat memberikan manfaat kepada kita semua, Aamiin. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-saudara kamu. Wallahu A’lam Bishawab.

Fajar Wahid Rifai

"Dengan Menulis, Aku Bisa Membaca" - Buat Undangan Pernikahan Digital

Leave a Reply