Bukti Sedekah Dapat Sembuhkan Penyakit

Bukti Sedekah Dapat Sembuhkan Penyakit

Forum Baca – Setiap penyakit pasti ada obatnya, ketika seseorang menderita sakit dan sudah berusaha mencari obat di sana-sini namun belum mendapat kesembuhan, berarti Allah belum memberikan izin untuk kesembuhannya. Untuk kamu orang Islam, ada obat mujarab yang disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW, yakni sedekah. Benarkah dengan kita bersedekah, segala macam penyakit akan sembuh?

Dari al-Aswad bin Yazid dari Abdullah berkata, Rasulullah SAW bersabda:

دَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَدَقَةِ وَحَصِّنُوْا أَمْوَالَكُمْ بِالزَكَاةِ وَأَعِدُّوْا لِلْبَلَاءِ الدُعَاءِ.

“Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah, bentengilah harta kalian dengan zakat dan siapkanlah doa untuk menghadapi musibah”

Hadits tersebut adalah sebuah nash bahwasanya sedekah adalah sebab-sebab pengobatan dan penyembuhan dengan izin Allah SWT, dimana orang yang mengucapkan perkataan itu adalah seorang yang ma’shum Nabi SAW yang tidak berbicara dari hawa nafsunya.

Ibnu al-Qayyim ra berkata, “Setiap dokter yang tidak mengobati pasiennya dengan memeriksa hati, kebaikan, kekuatan ruhnya, dan menguatkan hal itu semua dengan sedekah, berbuat kebaikan dan kebajikan serta kembali kepada kepada Allah dan Hari Akhirat, maka dia bukanlah seorang dokter hakiki, namun hanya seseorang yang baru belajar menjadi dokter.”

Sedekah dapat menghilangkan penyakit setelah terjangkit dan akan mencegah penyakit sebelum menjangkiti. Para ulama fikih dan para dokter berkata, “Pencegahan lebih mudah dari pada pengobatan, maka mencegah sesuatu sebelum terjadi sangat lebih mudah dari pada menghilangkannya setelah terjadi.”

Pencegahan lebih utama dari pada pengobatan untuk menghilangkan penyakit, maka obat yang mampu menghilangkan adalah obat yang dijadikan Allah mampu mencegah terjadinya penyakit. Sedekah dapat mencegah penyakit dengan izin Allah SWT, sebagaimana pula menghilangkan penyakit.

Kisah Seseorang Sembuh dari Penyakit Berat dengan Sedekah

Telah banyak kisah nyata tentang sembuhnya penyakit hanya dengan bersedekah. Salah satunya yaitu kisah yang masyhur, sering diperbincangkan dan menjadi pelajaran serta nasehat bagi setiap orang, “sembuhnya kanker dengan sedekah”. Suatu ketika seorang pedagang sukses merasakan sakit yang begitu hebat, ia pergi ke rumah sakit terkenal dan dilakukan pemeriksaan yang intensif.

Baca Juga:  7 Cara Terbaik Mengisi Waktu Luang Dalam Islam

Dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ia mengidap kanker akut dengan persentase kesembuhan yang sangat tipis, pihak rumah sakit menyarankan untuk berobat ke luar negeri. Setelah dilakukan pemeriksaan intensif untuk kedua kalinya, para dokter menyarankan untuk operasi pemotongan beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi kanker, akan tetapi orang tersebut memohon untuk memberikan waktu kembali ke negerinya guna mengurus urusan bisnis, surat wasiat dan sebagainya, karena kemungkinan ia tidak dapat bertemu lagi dengan para kerabatnya.

Pada suatu ketika ia melihat seorang wanita tua renta memungut potongan tulang-tulang yang berjatuhan disamping pemotongan daging hewan. Laki-laki tersebut menghampiri dan bertanya tentang kondisi dan alasan ia mengumpulkan tulang-tulang tersebut. “Dia memiliki beberapa anak yang telah yatim dan miskin, mereka tidak memiliki uang untuk membeli daging sehingga tulang tersebut direbus sebagai pengganti daging.”

Laki-laki tersebut merasa iba dengan kondisi wanita tua itu, ia mengeluarkan sejumlah uang yang banyak dan memberikan kepada wanita itu serta memerintahkan kepada tukang potong hewan untuk mengirimkan sejumlah daging setiap minggunya, juga memberikan uang yang banyak kepada tukang tersebut. Wanita tua itu berterima kasih dan berdo’a untuknya kemudian kembali pulang.

Laki-laki tersebut kembali ke luar negeri untuk melakukan operasi bedah, namun dengan izin Allah SWT para dokter terkejut bahwa kanker yang telah menggerogoti pasienya telah sembuh total, dan ia dalam keadaan sehat. Laki-laki tersebut memuji Allah SWT dan kembali ke negerinya dengan selamat dan sehat.

Ia menceritakan kisah tersebut kepada keluarganya yang terkesima dengan apa yang telah mereka dengar, laki-laki tersebut berucap, “Sungguh Allah telah menyembuhkan penyakitku karena do’a wanita tua yang telah aku berikan sedekah untuk anak-anaknya yatim.” Dia berjanji pada dirinya untuk memelihara keluarga yang miskin tersebut hingga waktu yang dikehendaki Allah  SWT.

Baca Juga:  Sudah Sering Berdoa? Tapi Tidak Juga Terkabul? Berikut Penjelasannya

Penyakit yang akutpun dapat disembuhkan apalagi hanya penyakit yang sederhana, dengan izin Allah SWT akan terhindar dari berbagai penyakit yang ada. Itulah sebuah kisah nyata yang dapat kita jadikan pelajaran untuk kehidupan yang tentram diridhoi Allah SWT. Hendaknya seorang mukmin harus beribadah dan bermuamalah dengan niat hanya kepada-Nya. Hal tersebut akan lebih baik apabila dilakukan secara terus-menerus, tidak hanya diamalkan ketika kita membutuhkan. Wallahu a’lamu bis showab.

Penulis: Nur Khulailatul Hurriyah

Referensi: Hasan bin Ahmad bin Hasan Hammam, 2006. Keajaiban Sedekah & Istighfar, Jakarta, Pustaka Darul Haq.

Baca artikel Agama Islam lainnya pada link: forumbaca.com/islam

Leave a Reply