7 Tips Belajar Mengajar Online Efektif, Menyenangkan untuk Guru, Dosen, Siswa

7 Tips Belajar Mengajar Online Efektif, Menyenangkan untuk Guru, Dosen, Siswa

FORUMBACA.COM Kegiatan belajar mengajar secara online atau daring menjadi solusi terbaik di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Guru dan Dosen adalah kunci dan penggerak utama keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar secara online/daring. Di era serba online ini, belajar secara efektif dan menyenangkan adalah sebuah keharusan untuk dijalankan.

Perlu kita pahami bahwa, pembelajaran online/daring bukan sekedar mengalihkan kegiatan belajar mengajar dari tatap muka langsung menjadi pembelajaran jarak jauh yang tak terbatas ruang dan waktu (online). Namun harus memperhatikan beberapa faktor di dalamnya, seperti efektivitas pembelajaran serta beban mental dan fisik yang dirasakan oleh peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh/online/daring secara tidak sadar dapat membuat para siswa mengalami rasa bosan dan jenuh. Mengapa demikian? Hal ini dapat terjadi ketika mereka merasa tertekan dan tidak senang terhadap apa yang dilakukannya. Sebagai pendidik, guru atau dosen harus mengerti apa yang dibutuhkan dan dirasakan oleh peserta didiknya, harus bisa menjadi pemateri sekaligus sahabat yang dapat memahamkan materi dengan suasana yang menyenangkan.

Bagaimana cara agar pembelajaran online/daring ini dapat berjalan secara efektif sekaligus menyenangkan?

Berikut kami paparkan mengenai tips atau kiat dalam mengajar jarak jauh/online/daring agar efektif dan menyenangkan.

Tips Belajar Mengajar Online/Daring Agar Efektif dan Menyenangkan

1. Merencanakan Kelas dengan Matang

Pada sistem pembelajaran online, siswa secara fisik tidak berada di depan anda sebagai Guru atau Dosen. Oleh sebab itu, membuat perencanaan kelas online sangat penting untuk dilakukan. Guru atau Dosen harus menyesuaikan kebutuhan siswa dengan silabus atau materi yang akan disampaikan. Pastikan anda sudah menguasai materi dengan matang, sehingga siswa akan lebih mudah memahami apa yang anda sampaikan.

2. Memastikan Seluruh Siswa dapat Mengakses Aplikasi yang Akan Digunakan

Sebelum melakukan pembelajaran online/daring, guru atau dosen harus mengetahui kondisi peserta didiknya. Apakah semua siswa bisa menggunakan aplikasi yang akan digunakan? Apakah media/aplikasi cocok dengan mata pelajaran/kuliah yang ada? Whatsapp, Zoom, E-Learning, Discored, Live Instagram, atau Google Classroom, dll adalah contoh aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh/online/daring.

Baca Juga:  4 Situs Bahasa Inggris Ini Dijamin Buat Mahasiswa Gercep Kuliah!

3. Mengawali Pembelajaran dengan Do’a

Awali setiap kegiatan dengan do’a agar diberikan kelancaran dan keberkahan. Do’a menjadi bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa atas nikmat sehat dan kesempatan yang telah diberikan.

Selain itu, dengan adanya do’a, suasana hati akan menjadi tenang dan nyaman serta memberikan angin positif untuk kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan.

4. Menyapa Siswa dengan Senyum dan Semangat

Ketika pembelajaran online menggunakan media video dan audio, pastikan mimik dan suara anda dapat memberikan atmosfer yang positif kepada para siswa. Berikan senyuman dan ekspresi semangat untuk belajar.

Kegiatan menyapa ini dapat digunakan sebagai proses presensi kehadiran para siswa. Buatlah suasana belajar yang hangat dan menyenangkan, karena siswa di dalam kelas online sangat mudah kehilangan semangat belajar.

5. Memastikan Pesan Dapat Diterima dengan Baik

Ketika pembelajaran menggunakan audio (voice note) pastikan suara dapat terekam dan dapat diputar dengan jelas, hal ini dapat dibantu menggunakan headset. Jika menggunakan video atau tampilan grafis pastikan gambar tidak buram atau pecah atau menggunakan resolusi yang tinggi.

6. Memberi Permainan dan Kuis

Dengan adanya permainan dan kuis, siswa akan dituntut aktif dengan sendirinya. Jangan lupa memberi poin plus untuk siswa yang aktif atau dapat menjawab pertanyaan dari sebuah kuis yang diberikan. Dalam memberikan kuis, janganlah terlalu memberatkan siswa namun buatlah agar siswa dapat aktif dan bahagia.

7. Mintalah Feedback atau Saran Pada Siswa

Ketika di akhir pembelajaran, jangan lupa untuk meminta saran atau feedback dari para siswa. Hal ini bertujuan agar guru atau dosen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada dalam pembelajaran yang telah dilakukannya. Selain itu siswa dapat mengusulkan metode pembelajaran yang terbaik untuk digunakan di pertemuan berikutnya.

Baca Juga:  7 Cara Jitu dan Ampuh (Terbukti) Mudah Dapatkan Beasiswa Sekolah

Penutup

Di tengah wabah virus corona (Covid-19), memberikan motivasi dan semangat kepada siswa merupakan suatu kewajiban. Hal ini karena mereka setiap saat akan terpapar oleh informasi-informasi mengenai covid-19 yang akan membuat pikiran dan hatinya stress dan kacau.

Sebagai seorang pendidik (guru atau dosen), harus bisa menjadi contoh yang baik kepada siswanya. Jadilah lampu yang mana menerangi siswanya dalam kegelapan, mengarahkan ilmu pengetahuan, kemampuan maupun keahlian yang ke arah masa depan yang cemerlang.

Pembelajaran jarak jauh bukanlah suatu hambatan yang berarti bagi pendidik untuk berjuang dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga tips di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua untuk menjadikan pendidikan di Indonesia lebih baik. Aamiin.

Covid-19 merupakan musuh kita bersama. Dengan berada di rumah, melakukan physical distancing, selalu cuci tangan, dan menggunakan masker, merupakan cara memerangi pandemi. Maka jangan hanya diam dan melihat tanpa adanya tindakan, karena tindakan merupakan bentuk nyata perubahan. Sedini mungkin kita memeranginya, secepat itulah pandemi ini akan berakhir.

Penulis: Wardah Nabilah
Editor: Fajar Wahid Rifai

Leave a Reply